Jumat, 28 September 2012

Takmir Masjid Harus Sejahterakan Umat, Bukan Hanya Megahkan Masjid



KLATEN (voa-islam.com) – Takmir masjid dituntut untuk mengembalikan peran masjid sebagai sarana pemberdayakan perekonomian masyarakat disekitar masjid.
Hal itu dikemukakan Ustadz Nashrulloh Jumadi pada acara bedah buku karyanya, “Lima Langkah Mudah Membentuk dan Mengoptimalkan Baitul Maal Masjid,” Senin malam (19/3/2012).
Ustadz Nashrulloh menyayangkan, saat ini para takmir masjid kurang peka dengan kondisi masyarakat yang ada disekitarnya. Misalnya, realita banyaknya masyarakat sekitar masjid yang lemah ekonominya tapi rajin shalat jamaah dan ikut kegiatan ke masjid tapi tidak pernah disentuh dan dibantu perekonomiannya. Pada waktu mereka datang kepada BMT atau ke bank, hal itu justru malah memberatkan mereka. “Maka kembalikan dakwah sosial kemasyarakatan yang ada di dalam khas masjid untuk disalurkan kepada masyarakat kurang mampu”, ujarnya di hadapan seratusan perwakilan takmir masjid  di Klaten Jawa Tengah.
Add caption
Ironinya, tambah Ustadz Nashrulloh, saat ini banyak dana kas atau saldo masjid yang mengendap dalam kas bendahara, atau disimpan di Bank atau hanya sekedar untuk membangun dan merenovasi masjid yang sudah terlampau megah.
“Realita lain yang tidak kalah memprihatinkan, banyak pula takmir masjid visi misinya hanya bagaimana merenovasi dan membangun masjid semegah-megahnya. Padahal rumah jama’ah masjid yang rutin ikut jama’ah sholat disitu sudah mau roboh, tapi tidak ada satupun bendahara atau takmir masjid yang punya kepedulian tentang hal tersebut. dana masjid itu dari masyarakat, harusnya kalau mencontoh konsep Rasulullah SAW, maka dana itu juga harus disalurkan kepada masyarakat pula”, Tegas beliau.

Acara bedah buku di masjid Al-Huda Kerun Baru, Belangwetan, Klaten Utara kabupaten Klaten Jawa Tengah ini diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Takmir dan Remaja Masjid (FKTRM) sekecamatan Belangwetan.
Menurut Dwi Sugeng Utomo SE, ketua FKTRM, acara ini adalah sosialisasi pembentukan Baitul Maal Masjid di Klaten. Buku “Lima Langkah Mudah Membentuk dan Mengoptimalkan Baitul Maal Masjid” dipasarkan seharga 35.000,- Bagi yang ingin konsultasi mengenai kemasjidan dan Baitul mal masjid, bisa menghubungi Ustadz Nashrulloh Jumadi (0821 3472 3130, 0877 3640 7373). [Kru FAI/Bekti Sejati] www.voa-islam.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar