Senin, 23 Juli 2012

Lupa mempersiapkan Program Ramadhan yang baik

Sebentar lagi Ramadhan akan datang, bulan mulia diantara bulan-bulan dalam Islam lainnya. Menjelang Ramadhan tiba banyak masjid-masjid mulai berbenah untuk menyambutnya. Dari sekian banyak yang berbenah sudah bisa dipastikan pembenahan fisik masjid menjadi prioritas utama pengurus, baik pengecatan ulang, tambal sini tambal sana, kebersihan total masjid dari karpet, Wc, kamar mandi dan lain sebagainya. Bahkan masjid yang sedang renovasipun berupaya semaksimal mungkin mempercepat proses renovasinya agar masjid di saat Ramadhan tiba telah layak di pakai.
Pengambaran yang saya sampaikan di atas adalah kenyataan yang banyak kita jumpai di masjid kita hari ini ketika menjelang Ramadhan tiba. Dan terus terang saja, sedikit sekali masjid yang ketika Ramadhan akan datang mempersiapakan program Ramadhan dengan baik. Ya,....karena para pengurus masjid sedang sibuk ngurus pembenahan fisik masjidnya. Akhirnya mempersiapakan program Ramadhan tidak mendapatkan perhatian yang seharusnya.
Dan sudah bisa ditebak program Ramadhan pun tampil asal jalan semata, tak menarik diikuti dan tak memiliki kualitas yang baik, terlebih bagi para pemuda/i islam. Padahal Ramadhan adalah saat yang paling tepat untuk memberikan kesadaran dan pengaruh luar biasa pada ummat yang belum dekat dengan masjid. Mereka tanpa kita minta rela berbondong datang ke masjid, padahal pada hari biasa diundang pun belum tentu hadir.
Tapi sayang, bulan Ramadhan yang luar biasa ini tidak diiringi dengan penyajian program yang menarik ummat. Bahkan jika kita cermati Ramadhan kita hanya sebagai ajang latihan semata, latihan kultum, latihan berinfaq, latihan  ngaji dan lain sebagainya. Rugi rasanya jika Ramadhan hanya kita jadikan ajang latihan semata. Seharusnya Ramadhan kita berikan yang terbaik, jika ada jadwal kultum carikan pemateri yang terbaik yang mampu mengungah semangat ummat untuk bisa berubah dan bukannya untuk latihan, carikan imam Taraweh yang terbaik jika perlu yang hafal Al Qur’an sehingga ummat merasakan nikmatnya mengikuti sholat tawareh, kalau infaq infaqlah yang terbaik.Sehingga ketika Ramadhan telah berlalu ummat merasa sentuhan dan nikmatnya bulan Ramadhan yang sebenarnya, karena mendapakan sentuhan ruhiyah yang berkualitas, baik dari pemateri yang hebat, imam yang menyetuh bacaannya dan lain sebagainya.
Sebagai akhir tulisan, seharusnya mempersiapkan program Ramadhan lebih utama dari hanya sekedar mempersiapakan fisik masjid agar layak untuk di pakai di saat Ramadhan nanti. Sudahkan masjid anda mempersiapkannya dengan baik ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar